Sunday 15 October 2017

Membuat Kalkulator dengan html, javascript dan css


Banyak orang yang tidak puas dengan apa yang telah ia dapatkan, seperti halnya dari postingan saya yang sebelumnya yaitu "Membuat Kalkulator Sederhana". Ada orang yang telah mendapatkan contoh program kalkulator sederhana tapi tetap saja mereka atau khususnya Anda malah masuk ke halaman situs ini dengan tujuan mendapatkan program yang lebih bagus lagi. Benar kan?
Tapi itu bukan lah masalah, yang menjadi masalah adalah apakah Anda sudah memahami postingan saya yang sebelumnya? Bila sudah, ya saya sangat bersyukur karna ada orang yang memahami apa yang saya sampaikan. Tapi bila Anda belum memahaminya, pahamilah karna dengan seiring berjalannya waktu maka Anda pun akan memahaminya pula.
Baiklah kalau gitu kita langsung saja pada inti dari halaman web ini. Dari judul postingan ini kita sudah tahu kalau program ini tersusun dari HTML, Javascript dan CSS. Disini yang harus ditekankan adalah pada pemahaman Javascript nya karna agak rumit dari code-code php yang ada pada postingan sebelumnya. Nah, langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan postingan saya yang sebelumnya karna program ini hanya membutuhkan beberapa file saja. Tapi disini saya memodifikasi Style CSS nya dengan Bootstrap.
Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat scriptnya dibawah ini;
Anda boleh memberi nama apapun pada file ini, tapi saya sarankan untuk memberinya dengan nama "index.html" ataupun "index.php". Disana ada dua bagian yaitu bagian html dan javascript nya, dibagian html adalah kode yang akan di halaman web / browser Anda dan bagian Javascript serupakan bahasa pemrogramannya. Disetiap tombol ada property onClick yang berfungsi untuk memanggil function Javascript yang ada di halaman tersebut(bagian bawah) saat suatu object yang disisipkan property onClick di click. Dan ada juga property class yang berfungsi untuk menerapkan style css nya yang diambil dari bootstrap.
Nah, untuk bootstrapnya Anda download sendiri saja yah.... disini DOWNLOAD BOOTSTRAP . Mungkin sekian saja dari saya, mudahkan? Tinggal Copy Paste doang kok. Sekian dan terimakasih

3 comments: