Sunday 15 October 2017

Looping di PHP


Hallo teman-teman! Ada yang baru belajar Bahasa Pemrograman Web? Disini saya akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai pemrograman web yaitu "LOOPING" atau bisa disebut dengan pengulangan. Di pemrograman tentunya ada saatnya kita membutuhkan pengulangan, baik itu untuk penomeran ataupun pembacaan data secara berulang-ulang.
Disini saya akan membahas bermacam-macam looping yang dapat digunakan di php. Berikut adalah macam-macamlooping yang dapat digunakan: 

1. While
While sering diartikan dengan kata "selama". Selama disini sesuai dengan cara penggunaanya yaitu
while akan terus melakukan pengulangan selama kondisinya terpenuhi dan akan berhenti saat kondisinya sudah tidak terpenuhi. Untuk cara penggunaannya Anda boleh lihat disini:
  • Cara Penggunaan While di PHP
  • Cara Menampilkan Data dari Databse Menggunakan While di PHP
  • Cara Menampilkan Data dari Database ke Combobox Menggunakan While di PHP
Mungkin segitu saja untuk while dan akan saya lanjutkan ke pengulangan selanjutnya.

2. Do While
 Do While dapat diartikan dengan "Lakukan Selama" sesuai dengan artinya pula looping ini akan melakukan pengulangan pada perintah/kode yang kita berikan selama kondisinya memenuhi. Sebenarnya sih While dengan Do While sama saja, tapi yang membedakan dari mereka adalah cara penulisan kodenya. Untuk cara penggunaannya Anda boleh lihat disini:
Khususnya saya, jarang sekali saya menggunakan perintah Do While pada program yang saya buat.

3. For 
 For dapat diartikan dengan kata "Untuk" sesuai dengan artinya penulisan perintah For sedikit berbeda dengan looping sebelumnya. For akan mengulangi perintah yang kita berikan sesuai dengna kondisi yang berlaku. Untuk lbih jelasnya Anda harus melihat contoh penggunaannya:
  • Cara Penggunaan For di PHP
  • Cara Menampilkan Data Array ke Combobox Menggunakan For di PHP
 Biasanya saya menggunakan For untuk mengulangi perintah yang jumlahnya statis.

4. Foreach
Foreach dapat diartikan dengan "Untuk Setiap", dikarenakan saya tidak bisa menjelaskan dengna ringkas apa itu Foreach maka Anda langsung saja lihat cara ataupun contoh penggunaanya disini:
  • Cara Penggunaan Foreach di PHP

0 comments:

Post a Comment