Thursday 9 November 2017

Contoh Penggunaan While di PHP


While merupakan salah satu perintah Looping (Pengulangan) yang disediakan oleh PHP. While pada dasarnya akan mengulangi perintah yang sama selama kondisinya terpenuhi. Untuk strukturnya sebagai berikut,

<?php
while(kondisi){
 perintah;
}
?>


Untuk "kondisi" disini merupakan situasi yang digunakan sebagai parameter selama apa "perintah" akan diulangi dalam program tersebut. Dan untuk "perintah" adalah perintah ataupun kode yang akan kita ulangi selama "kondisi" nya berlaku. Struktur dari perintah While beragam, dikarnakan ada kondisi yang menjadi parameter funsi ini. Sebagai contoh lagi, ada juga while dengan struktur sebagai berikut,

<?php
$variabel;
while(kodisi $variabel){
perintah;
$variabel increment;
}
?>


Distruktur ini ada penambahan "$variabel" yang merupakan sebauh variabel dan variabel ini akan masuk ke dalam kondisi/parameter dari while. Bila dilihat kebawahnya variabel tersebut "increament" yang artinya bertambah/ditambah dan dapat dipastikan pula "$variabel" disini ber type data integer/number. Dengan artian bahwa "perintah" akan dijalankan bila "kondisi" "$variabel" terpenuhi dan nilai "$variabel" akan increament/bertampah setiap looping dilakukan.

Hemmmhh . . . . . . . . .
Kayak nya yang baca gak bakalan ngerti dengan apa yang saya tulis ini. Emang sih belajar pemrograman sulit untuk di jelaskan maka dari itu saya sudah menyiapkan salah satu contohnya.
Berikut contohnya,

<?php
$no=1; //ini adalah variabel
while($no<11){ //kondisi yang menggunkan variabel
echo $no; //perintah yang di looping (diulang)
$no++; //variabel yang di increament atau ditambahkan
}
?>


Dari contoh diatas akan menghasilkan,
12345678910

Ini merupakan contoh struktur yang kedua, nah untuk contoh struktur yang pertama saya akan pisahkan di postingan saya yang selanjutnya yaitu,
  • Menampilkan data dari Database dengan while di PHP
  • Menampilkan data dari Database ke Combobox menggunakan while di PHP
Untuk selebihnya Anda bisa mengembangkan fungsi while ini sesuai dengan kebutuhan ataupun keinginan Anda, karna apa yang saya contohkan ini sangatlah sederhana. Mungkin dicukupkan sekian dari saya semoga bermanfaat, kalau ada yang salah mohon komentarnya yahh agar saya bisa memperbaiki kesalahan saya terima kasih. . . . . .

0 comments:

Post a Comment